Webinar PASMA BERDOA Sesi 1 “Kreativitas, Inovasi, dan Daya Saing di Era New Normal”

Pada Tanggal 11 Juli 2020, Pusat Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa Bersama Dosen dan Alumni (PASMA BERDOA) Fakultas Pascasarjana Universitas Komputer Indonesia Mengadakan acara webinar dengan tema “Kreativitas, Inovasi, dan Daya Saing di Era New Normal”. Salah satu dari tujuan webinar ini adalah untuk membentuk atmosfir akademik dosen dan mahasiswa dengan melakukan kegiatan bersama berupa seminar, studi banding, kuliah umum, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada awal tahun 2020, terjadi pandemik Covid-19 yang merupakan krisis multidimensi dan menghantam semua sektor di seluruh dunia. Kondisi ini memicu kegelisahan dan ketidakpastian selama pandemik. Kegiatan akademik yang selama ini dilakukan menjadi terbatas dikarenakan berbagai macam usaha penanggulangan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini. Bentuk penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia di awal adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Metode ini yang dianggap paling cocok dengan keadaan Indonesia, beberapa daerah sudah merasakan dampaknya secara langsung dimana secara statistik kurva kematian perhari akibat virus ini sudah melandai.

Sekarang, Indonesia sudah masuk era new normal. Jawa Barat menyebutnya dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Berbagai macam polemik muncul di tengah masyarakat akibat dari PSBB. Banyak usaha dari industri rumahan, kecil, menengah hingga perusahaan besar mengalami goncangan, kerugian, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sampai gulung tikar.

Berdasarkan latar belakang di atas, Pasma Bersama Dosen dan Alumni Fakultas Pascasarjana UNIKOM (PASMA BERDOA) mengadakan webinar series sebagai salah satu bentuk atmosfir akademik dalam membangun optimisme di tengah masyarakat. Sebagai bagian masyarakat akademik, melalui webinar yang sangat menarik dengan mengemas berbagai update informasi sebagai salah satu solusi di tengah keresahan masyarakat. Pasma bersama dosen dan alumni ingin menyediakan sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan, mendiseminasikan data-data terbaru, menciptakan platform komunikasi kepada seluruh masyarakat.

Webinar ini menghadirkan narasumber yang mempunyai pengalaman di bidang masing-masing.

  1. Ir. Deden A. Wahab Sya’roni, M.Si. Sebagai Kaprodi Magister Manajemen dengan topik “Kreativitas dan inovasi Penentu Keberhasilan Usaha”
  2. Abdullah Al’Aliyi Surtawijaya, S.T., M.M. (Alumni Magister Manajemen UNIKOM), owner matebelo.com dengan topik “Manajemen Krisis dan Pengembangan Skenario”
  3. Kirap Panji Harmoko, S.Kom., M.Kom., M.Eng. (Alumni Magister Sistem Informasi UNIKOM), owner CV. Sumbersari dengan topik “Mengubah Limbah menjadi Dolar”
  4. Ceptian Suryana, S.Ds., M.Ds. (Alumni Magister Desain UNIKOM), owner Jamise Syari Dengan topik “Strategi bisnis fashion Online dalam Menghadapi Era New Normal”

Animo peserta cukup banyak, dengan total hampir 300 peserta yang terbagi di aplikasi Zoom dan Youtube Channel Pascasarjana UNIKOM mendapatkan informasi dan keilmuan baru. Pada Acara ini juga, 2 peserta beruntung yang bertanya kepada para narasumber mendapatkan doorprize menarik dari panitia.

Animo Peserta yang banyak

 

Materi yang disampaikan oleh salah satu narasumber

Pascasarjana dan PASMA BERDOA UNIKOM mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang sudah memberikan waktunya, para media partner, dan semua pihak terkait yang telah mendukung terlaksananya acara ini. Berikutnya PASMA BERDOA berencana akan mengadakan sesi webinar selanjutnnya di bulan Agustus. Tunggu Informasi selanjutnya