Kuliah Umum Fakultas Pascasarjana : Investasi Properti dalam Siklus Properti

Pada hari Sabtu, tanggal 23 Januari 2021. Fakultas Pascasarjana mengadakan Kuliah Umum untuk semua angkatan mahasiswa S2 aktif yang termasuk prodik Magister Manajemen, Magister Sistem Informasi, dan Magister Desain.

Acara ini dipandu oleh Geraldi Catur Pamuji, S.Kom., M.Kom. yang merupakan dosen koordinator kemahasiswaan Fakultas Pascasarjana. Pada kuliah umum ini, topik yang dibahas adalah Investasi Properti dalam Siklus Properti dengan narasumber Budi Santoso, MRE. Beliau merupakan pengamat dan penulis lebih dari 20 Buku tentang Properti. Menjabat sebagai tenaga ahli Pemprov DKI Jakarta dan Direktur Pusat RealEstat.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pascasarjana, Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. Dalam pembukaannya, Bu Dekan mengatakan bahwa kegiatan Kuliah Umum ini adalah pendukung iklim akademik di lingkungan Pascasarjana UNIKOM. Selanjutnya, Dosen Entrepreneurship dan Investment, Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA memberikan pengantar tentang Kuliah Umum dan memaparkan potensi investasi dalam properti.

Pada Acara utama, Narasumber Budi Santoso, MRE membagi menjadi beberapa sesi membahas Investasi Properti termasuk pengaruh pandemi terhadap hal tersebut. Beliau menyarankan kepada para investor properti untuk “tiarap” sementara dikarenakan pada saat pandemi dimana keadaan ekonomi masih unpredictable. Tetapi bukan berarti benar-benar berhenti, karena masih banyak potensi, terutama merupakan kesempatan untuk membeli dikarenakan harga sedang turun. Hal itu disertai dengan analisis yang mendetail agar investasi yang dilakukan tidak sia-sia. Bagi para calon investor yang baru memulai. Beliau menyarankan agar memulai dari yang kecil terlebih dahulu setelah mempelajari secara menyeluruh parameter-parameter yang mempengaruhi nilai properti.

Mahasiswa yang mengikuti kuliah umum mempunyai antusias yang tinggi sehingga tidak semua pertanyaan dapat dijawab oleh narasumber. Kuliah umum diakhiri dengan kesimpulan yang diberikan oleh Budi Santoso, MRE. dan “foto” bersama seluruh peserta kuliah umum.